Serunya Belanja Anyaman di Rajapolah, Tasikmalaya

Liburan ke Tasikmalaya tak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh berupa kerajinan anyaman. Membeli langsung di sentra kerajinan pasti lebih puas. Sentra kerajinan anyaman di Tasik bisa Anda temui di Rajapolah.

Rajapolah adalah salah satu kecamatan yang ada di Tasikmalaya. Dari Tasikmalaya menuju Rajapolah, Anda hanya akan menghabiskan waktu selama 30 menit perjalanan dengan menggunakan mobil.

Rajapolah memang sudah lama terkenal sebagai pusat kerajinan anyaman di Tasikmalaya. Di atas tanah seluas 16,92 meter persegi, kawasan ini sukses menjadi industri rumah tangga penghasil anyaman yang cukup pesat. Biasanya, anyaman dari Rajapolah dijadikan cinderamata bagi para wisatawan yang datang. Selain itu, sentra kerajinan anyaman ini juga menjadi surga bagi para pemburu barang anyaman.

Mungkin, ada banyak tempat penghasil kerajinan anyaman di Indonesia, tetapi ada hal yang membuat anyaman dari Tasikmalaya terlihat berbeda. Perbedaan ini bisa dilihat dari bahan, warna, dan bentuk anyaman Tasik yang berbeda dari daerah lain.

Jika berkunjung ke Jl Raya Rajapolah, Anda akan menemukan banyak toko-toko yang menjual aneka jenis kerajinan anyaman. Ya, memang sejak tahun 1989, Jl Raya Rajapolah dijadikan sebagai pusat pemasaran kerajinan rakyat Tasikmalaya.

Dari panduan Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, berbagai macam jenis kerajinan anyaman bisa Anda temukan di sini. Anda pengoleksi tas? Rajapolah menyediakan banyak jenis tas anyaman yang cantik-cantik. Tidak hanya itu, kerajinan anyaman Rajapolah juga menghasilkan anyaman berupa keranjang, mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Ingin membeli oleh-oleh untuk orang di kota asal? Toko-toko di sepanjang jalan Rajapolah juga menyediakan aneka kesenian yang cocok untuk cinderamata, seperti dompet ponsel, tempat pensil, dan kotak kosmetik kecil. Asyiknya lagi, barang yang dijual bukan cuma hasil anyaman, ada juga yang lain, seperti sepatu dan sendal.

Untuk harga tidak perlu kuatir, dijamin tidak merogoh terlalu dalam kocek Anda. Untuk tas anyaman, dikenai harga mulai dari Rp 30.000, sedangkan sendal bisa Anda beli mulai dari harga Rp 60.000. Jangan lupa untuk menawar, semakin gigih Anda menawar, semakin murah pula harga yang didapat.

085222308405

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: