Belum Dikembangkannya Pusat Kerajinan Rajapolah

Selama ini, pedagang kerajinan di sentra kerajinan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya hanya mengandalkan pembeli dari wisatawan yang menuju atau pulang dari Pangandaran. Dengan demikian, pusat kerajinan Rajapolah sejauh ini belum diarahkan menjadi tujuan wisata.

”Karena belum dijadikan sebagai tujuan wisata, maka pembeli kerajinan khas Tasikmalaya yang ada di pusat kerajinan Rajapolah pun selalu sepi pengunjung dan pembeli,” ungkap Enung Rodiah, seorang warga Rajapolah.

Padahal, bila pusat kerajinan Rajapolah diubah sebagai tujuan wisata maka akan banyak dikunjungi wisatawan dan secara otomatis akan banyak pembeli dari luar kota. “Jadi selama ini, para pedagang di Rajapolah hanya mengharapkan penjualannya dari libur akhir pekan dan liburan panjang,” katanya.

Hal senada diungkapkan Fuad bahwa para pedagang kerajinan di Rajapolah hanya mengandalkan pembeli yang kebetulan melintas di wilayah itu. ”Namun, sejak adanya jalan layang Rajapolah yang menghubungkan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis, wisatawan yang hendak menuju Pangandaran lebih memilih jalan itu. Akibatnya, banyak wisatawan yang baru pertama kali ke Pangandaran tidak mengenal sentra kerajinan Rajapolah,” katanya.

Fuad mengakui bahwa Rajapolah belum menjadi ikon untuk wisata belanja produk kerajinan di Jawa Barat. “Rajapolah baru sebatas pusat dagang, belum jadi pusat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan sambil berjalan-jalan seperti Malioboro,” ujarnya.

Karena itu, para pedagang aneka kerajinan rakyat khas Tasikmalaya yang berjualan di Pusat Kerajinan Rajapolah mengharapkan kepada Pemkab Tasikmalaya agar melakukan sosialisasi dan promosi untuk memperkenalkan Rajapolah kepada wisatawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: