Perajin handycraft Rajapolah menuntut

TASIKMALAYA, (PRLM).- Perajin handycraft Rajapolah menuntut adanya penataan kota ulang terhadap sentra kerajinan Rajapolah, Kec. Rajapolah, Kab. Tasikmalaya. Selama ini, pusat promosi yang berada di perbatasan Kabupaten dan Kota Tasikmalaya itu dinilai kurang diketahui banyak orang sehingga pusat kerajinan Rajapolah hanya menjadi jalur lalu lalang kendaraan.
Demikian diungkapkan Apong Rosida, salah seorang koordinator para pedagang kerajinan di Pusat Promosi dan Pemasaran Kerajinan Rajapolah, Senin (28/2). Menurut dia, penataan kota tersebut merupakan hasil evaluasi para pedagang sekitar.
“Apa saja yang perlu dibenahi? Yaitu di penataan kota. Belum ada reklame yang memberitahu keberadaan sentra promosi dan pemasaran kerajinan Rajapolah itu. Para pendatang butuh petunjuk. Selain itu, lampu-lampu di jalan juga masih kurang,” katanya.
Menurut dia, sangat disayangkan apabila produksi kerajinan mereka tidak diketahui oleh masyarakat banyak. Saat ini, di Rajapolah setidaknya terdapat ratusan pengrajin. Omset mereka secara normal bisa mencapai Rp 10 juta per hari. Apabila hal itu bisa dibantu dengan penataan kota, maka omset bisa meningkat dan tenaga kerja mereka bisa lebih terbantu.
Selain meminta penataan kota, Apong pun mengharapkan pemerintah memberikan pelatihan untuk mendisain kerajinan mereka. “Disainer itu perlu untuk mutu dan disain model. Selama ini belum pernah ada pelatihan untuk mendisain. Kami setidaknya butuh bantuan dari ITB dan kami pun mulai merintis belajar mendisain ke Jakarta,” kata ibu 42 tahun itu.
Menurut Apong, produk-produk pengrajin saat ini perlu inovasi untuk mendongkrak disain yang sudah ada. “Kami perlu, karena kerajinan banyak. Sebulan ada 50 item,” ujar pemilik Agisha dan Kitri colecction.
Ia mengharapkan, industri kerajinan rumahan Rajapalah berkembang. Ia optimistis karena industri tersebut cukup potensial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: