Kerajinan Tangan Rajapolah Bermotif Batik Kini Diminati

KabarIndonesia – Kabupaten Tasikmalaya, Batik kini diakui dunia internasional sebagai salah satu ciri budaya bangsa Indonesia sehingga negara lain tidak bisa mengklaim lagi. Dalam upaya mendukung pengakuan dunia tersebut, para perajin usaha kerajinan tangan di Kabupaten Tasikmalaya memanfaatkan peluang itu dengan mengaplikasikan batik ke beberapa jenis handycraf (kerajinan tangan) produksi mereka.

Hal itu dari beberapa gerai di pusat kerajinan rakyat di Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, dimana motif batik sudah bisa ditemui di hampir seluruh kerajinan tangan berbahajam kain maupun anyaman bambu, mendong, pandan, eceng gongok dan lainnya.

“Beberapa minggu terakhir ini, motif batik mulai mendominasi beberapa produk kerajinan tangan khas Tasikmalaya seperti tas, topi, sandal, tempat ponsel dan lainnya. Produk kerajinan tangan bermotif batik yang marak itu ternyata mulai diminati konsumen,” jelas Topan Graha, seorang pemilik gerai kerajinan.

Bahkan pada saat arus balik Lebaran kemarin, menurut Topan, peminat handycraf bermotif batik cukup banyak terutama tas untuk ABG karena harganya terjangkau yakni berkisar Rp.25.000 – Rp.40.000/buah.Adapun harga kerajinan bermotif batik jenis lainnya berkisar antara Rp 10.000 – Rp 75.000 tergantung besar kecil dan bahan bakunya, di samping kualitasnya.

“Produksi tas local kebanyakan berbahan baku pandan, rara, rami dan mendong. Namun kini bergeser dengan tas dari bahan batik karena memang mulai diminati. Kondisi ini memberi peluang usaha bagi para perajin sekaligus turut melestarikan keberadaan batik,” tutur Topan Graha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: