Tahun 2014 Tidak Ada Lagi Sekolah Rusak termasuk di rajapolah tasikmalaya

TASIK, (KP).-
Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono didampingi Mendiknas Muh. Nuh menegaskan bahwa di tahun 2014 nanti sudah tidak ada lagi ruang kelas di seluruh tanah air yang rusak berat, termasuk pula di Tasikmalaya.
Namun sebelum guliran bantuan secara bertahap disalurkan ke berbagai daerah, Presiden meminta agar kebersihan di lingkungan sekolah menjadi perhatian utama. “Saya senang melihat suasana bersih yang tersaji di sekolah ini. Kemudian saat ada bagian yang rusak, dalam rentang tahun 2012 sampai 2014 mendatang akan direhabilitasi. Kalau yang rusaknya parah, dimungkinkan direhab total,” kata Presiden saat melakukan Kunjungan Kerja ke SD II Rajapolah Kec. Rajapolah, Rabu (24/8) kemarin.
Presiden didampingi Ibu Negara, Ny. Ani Yudhoyono, Mensesneg, Sudi Silalahi, Mendiknas, Moh. Nuh, Mentri Pekerjaan Umum, Joko Kirmanto, Menteri Koperasi & Ukm, Syarif Hasan, Gubernur Jabar H. Ahmad Heryawan disambut Bupati Tasik, H. Uu Ruzhanul Ulum serta ribuan warga Tasikmalaya.
Namun, Presiden maupun Ibu Negara mengaku cukup menyesalkan aksi jail anak-anak yang masih suka mencoret-coret bangku kelas. Menurut Pak Beye, sapaan akrabnya, kebiasan-kebiasaan itu harus segera dikesampingkan, terutama jika bantuan rehabilitasi ruang kelas dan pendukung lainnya digulirkan.
“Anak harus dibiasakan menerima tranformasi ilmu dalam suasana yang bersih. Aksi curat coret merupakan cermin dimana perilaku dan kebiasaan pelajar dan sentuhan pengelola sekolah kurang bersih. Ini harus segera dihindari. Malah pelajar yang masih nakal dibiasakan merasakan hukuman. Tapi sebaliknya, pelajar yang baik harus dipuji dan terus didorong agar lebih baik lagi,” katanya.
Pada kesempatan itu, sekolah yang dikemudikan Ny. Cucu Nurhayati, S.Pd tersebut mendapat bantuan berupa dana sebesar Rp 190 juta untuk renovasi tiga ruang kelas, uang sebesar Rp 50 juta untuk perpustakaan. Ny. Ani Yudhoyono meminta, bantuan itu diminta dipergunakan secara bersih tanpa terdengar lagi ada upaya-upaya yang kurang bersih.
“Kemudian agar minat baca pelajar makin tinggi, bantuan perpustakaan kami harapkan bisa disusun semenarik mungkin. Misalnya, rak-raknya dan ruangannya harus tertata apik. Karakter anak-anak kan senangnya yang menarik. Jadi kasihlah arena bagi mereka yang benar-benar bersih dan mendidik mereka memiliki karakter rajin membaca,” kata Ani.
Kepala Sekolah SD II Rajapolah Ny. Cucu Nurhayati mengaku akan secara amanah mempergunakan bantuan tersebut. “Saya cukup terharu dan bangga dapat perhatian sebegitu besar dari Presiden,” katanya.
Mengenai dipilihnya SD II Rajapolah sebagai sasaran pemberian bantuan, kepala Dinas Pendidikan Kab. Tasik, Drs.H. Moh. Zein mengakui jika sekolah tersebut merupakan satu diantara banyak sekolah yang rusak.
“Kebetulan sejalan dengan rencana kunker Pak Presiden dan pertimbangan akses jalan, maka sekolah ini yang dipilih. Yang pasti, kami berharap setelah melihat langsung kondisi rilnya, bakal muncul kebijakan untuk masa depan pendidikan di Kab. Tasikmalaya,” katanya.

Sapa Warga
Dalam kesempatan itu pun, Presiden sempat meluangkan waktu untuk menyapa ribuan warga yang sejak pukul 08.30 WIB menantinya hingga Pak Beye meninggalkan sekolah sekitar pukul 14.45 WIB. “Momentum Ramadan ini saya jadikan arena untuk bersilaturahim dengan warga yang selama ini jarang disapa. Terima kasih dan sampaikan salam hangat kami untuk seluruh warga Tasikmalaya,” katanya.
Mendengar sapaan Pak Beye, Ny. Toto tampak berteriak cukup histeris. Dia yang selama ini mengaku hanya melihat tongkrongan orang nomor satu itu di layar televisi, kini bisa merasakan atmosfir berada hanya sejarak 5 meter dari wajah sang Presiden. “Ngan hanjakal teu ningali Bu Ani. Tapi lumayan lah sakitu oge,” tutur warga Kmp. dawagung Desa Nagrog kec. Rajapolah itu.
Hanya di balik itu, penyambutan Presiden ke kawasan SD II Rajapolah terkesan mengada-ngada. Selain jalan yang sehari sebelumnya diaspal secara mendadak, beberapa sudut bangunan pun tampak dapat polesan.
“Bila begitu, kami khawatir rombongan menyimpulkannya salah. Kemudian kebijakan yang diambil di kemudian hari bisa keliru pula,” tegas Anggota Dewan Pendidikan Kab. Tasikmalaya, Ds. Erry Purwanto, M.Si. Tapi Ny. Cucu memastikan, semuanya berjalan sesuai dengan apa yang menjadi kenyataan. Adapun sedikit bebenah, katanya demi menyambut orang nomor satu di tanah air saja.

Tinjau Bordir
Usai mengunjungi SD II Rajapolah, rombongan presiden bergerak menuju Kawalu untuk melihat home industri Bordir di daerah ini. Rombongan SBY pun mampir di butik kerajinan bordir milik Ny. Hj. Ai Nurhayati di Kmp. Tanjung, Kel. Talaga, Kec. Kawalu.
Di tempat ini, Pak Beye mengaku terkesan dengan sejumlah kerajinan busana muslim yang diproduksi di Kawalu. Dia memandang, kreasi busana yang dihasilkan dari mesin kejek cukup bagus. Menurut Presiden, kreasi busana dari mesin kejek tampak lebih halus dan lebih menarik.
“Ini harus dikembangkan dan saya yakin ini bakal menjadi daya tarik busana internasional yang sangat layak ekspor,” katanya. Dalam kesempatan itu, Ny. Ani Yudhoyono pun turut membeli sejumlah busana hasil olahan perajin bordir Kawalu.
Sementara Ny. Ai Nurhayati mengaku merasa teu ngimpi-ngimpi acan bakal kedatangan Presiden RI. Sebab rencana bakal mampirnya Presiden pun baru diterimanya pada H-3. “Jadi we pabaliut siap-siap, meski alakadarnya. Tapi saya salut dengan cara presiden menghargai produk kami,” imbuh Ny. Ai.
Kunjungan kerja Presiden di Tasikmalaya diakhiri dengan buka bersama di Ponpes Al Hasanah, Kel. Cibeuti, Kec. Kawalu.

http://www.kabar-priangan.com

1 Comment (+add yours?)

  1. chuckybugiskha
    Apr 06, 2012 @ 21:21:32

    mudah”an tahun 2014 memang ngga ada lagi sekolah yang rusak..
    kasian generasi bangsa kita jika menuntut ilmu saja harus mengalami berbagai banyak kesulitan.
    contoh, sekolah di pelosok irianjaya hanya memakai atap rumbia, dengan dinding papan yang lapuk dan berlantaikan tanah….
    kasihan,…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: