Dopink Craft,Korban PHK Yang Sukses Usaha Kerajinan

Bagi banyak orang PHK merupakan peristiwa yang sangat ditakut.Bukan hanya karena tidak ada lagi penghasilan rutin tiap bulan, tetapi mencari pekerjaan baru lepas PHK tidak kalah sulitnya. Namun bagi Ludiyono, PHK justru menjadi pemicu baginya untuk membuka usaha aneka kerajinan dan cenderamata. Bermodal uang pesangon dari pabrik tempatnya bekerja yang hanya 500 ribu, ia membuat Usaha Kerajinan yang diberi nama Dopink Craft.

Semangat Ludiyono mengembangkan usaha sendiri cukup besar, dengan modal usaha yang hanya 500 ribu tersebut ia membuat berbagai macam cenderamata dari bahan dasar daur ulang shuttle cock. Selain modal uang yang pas-pasan tersebut Ludi cukup kreatif membuat aneka bentuk cenderamata tersebut.

Awal pemasaran kerajinan Dopink Craft adalah dari teman-teman sendiri dan dititipkan pada beberapa toko cenderamata. Dari model pemasaran tersebut ternyata cenderamata Dopink Craft cukup laris dan selalu habis terjual. Hal ini semakin memotivasi dan menambah kepercayaan Ludiyono untuk terus mengembangkan usahanya.

Kerajinan Dopink Craft sendiri lebih banyak memproduksi kerajinan dari bahan daur ulang sehingga relatif ramah lingkungan. Selain itu ia juga menggunakan bahan baku yang terdiri dari tinta getah pisang, shuttle cock bekas yang diambil ujungnya, dan pasir laut sebagai media utama. Dari total kesemua bahan untuk produk kerajinannya 70 persen berasal dari bahan daur ulang.

Dari bahan tersebut, Dopink Craft menghasilkan berbagai macam undangan pernikahan dan cenderamata . Produk lain yang dihasilkan di antaranya tempat pensil, celengan, pigura, buku harian, asbak, jam duduk, jam dinding, lampu hias, lampu tidur, dan lukisan pasir.
Perjuangan Penuh Liku

Meski produk Dopink Craft cukup laris di pasaran, ternyata perjalanan untuk menuju kesuksesan cukup penuh liku. Dulu usahanya pernah hampir gulung tikar akibat masalah yang cukup beragam permodalan, pemasaran, dan manajemen yang tidak berkembang. Namun berkat usahanya yang kuat dan dibantu beberapa orang temannya, kemudian mereka mulai mengorganisasikan Dopink Craft dengan cara profesional.

Tidak berhenti disitu permasalahan yang dihadapi,sering ia tidak bisa memenuhi permintaan pasar yang cukup besar karena keterbatasan modal usaha. Namun kegigihannya dalam mengatasi masalah permodalan tersebut membuahkan hasil, proposal yang diajukan ke PT Semen Gresik ternyata disetujui. Dengan Tambahan modak 4 juta rupiah Dopink Craft lebih leluasa mengembangkan usahanya.

Kini usaha Dopink Craft sudah berkembang cukup pesat, dengan keuntungan yang bisa diraih mencapai 15 juta per bulan. Produknya sudah mampu menembus berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Dopink Craft mampu mempekerjakan lima orang pekerja dan bermitra dengan ibu-ibu rumah tangga di daerahnya untuk menangani berbagai pekerjaan.(/Sinar Harapan)

Dopink Craft
Jalan Teluk Cendrawasih 107
RT 01 RW 02 Arjosari Malang
081555752553

1 Comment (+add yours?)

  1. Kain Batik
    May 04, 2012 @ 06:05:15

    usaha yang sangat menjanjikn keuntungannya, saya jadi pengen mencobanya. btw, makasih ya gan infonya, salam sukses selalu.🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: