Bordir Tasikmalaya yang Khas dan Apik

Bordir Tasikmalaya yang Khas dan Apik

Selain dikenal sebagai penghasil aneka barang kerajinan tradisional, Tasikmalaya juga tersohor sebagai salah satu pusat seni bordir di Indonesia. Kain-kain dan aneka busana beraplikasi bordir buatan perajin Tasikmalaya terlihat apik dan cantik karena memiliki motif-motif indah, khususnya floral.
Menurut masyarakat Tasikmalaya, seni bordir Tasikmalaya diserap dari kebudayaan Cina yang mengalami penyesuaian dengan budaya setempat. Mulanya bordir hanya diaplikasikan pada kain kebaya dan taplak meja.
Tetapi seiring perkembangan zaman, terciptalah aneka desain bordir pada tunik, blus, rok, selendang, kerudung, baju koko, gamis, mukena, dan sebagainya.
Industri bordir telah lama berkembang di Tasikmalaya, khususnya di Desa Tanjung, Talagasari, Kersamenak, dan Karikil yang termasuk ke dalam Kecamatan Kawalu. Jumlah industri kecil dan menengah yang menekuni usaha bordir di Tasikmalaya mencapai angka 900-an.
Produk bordir terbagi atas dua macam, yaitu bordiran tangan dan bordiran mesin. Kain atau busana bordir buatan tangan dibandrol dengan harga lebih mahal.
Kepopuleran produk-produk bordiran khas Tasik tidak hanya mencapai level nasional, tetapi juga internasional. Bordiran yang dibuat dengan tangan sangat diminati oleh penggemar busana di luar negeri. Sekitar 60 persen dari keseluruhan produksi bordir karya perajin Tasikmalaya ditujukan untuk keperluan ekspor.
Negara-negara yang menjadi tujuan ekspor produk bordir Tasikmalaya adalah Mesir, Saudi Arabia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan lain-lain.
Busana dan Mukena
Mengingat masyarakat Kota Tasikmalaya dikenal religius, terdapat banyak permintaan busana berhias bordir yang memiliki nuansa Islami, seperti mukena, busana muslim wanita, dan baju-baju koko.
Mukena bordir khas Tasikmalaya sangat diminati kaum muslimah di Indonesia. Banyak orang yang sengaja mencari mukena bordir untuk dijadikan mas kawin, barang seserahan, atau hadiah.
Mukena yang dibuat dari bahan berkualitas seperti sutra dan diberi aplikasi bordir yang cantik bisa dijual dengan harga ratusan hingga jutaan rupiah.
Para perajin bordir Tasikmalaya cukup handal dalam merancang model-model busana muslim wanita dan pria. Berbagai jenis busana yang dihiasi bordiran bisa menjadi pilihan, mulai dari setelan celana dan blus, gamis, kaftan, baju koko, kerudung, dan lain-lain.
Selain busana muslim dan mukena, produk bordiran Tasikmalaya yang menjadi incaran konsumen adalah kebaya, baik model encim maupun Sunda.
Kain-kain yang digunakan perajin bordir Tasikmalaya biasanya adalah sutra, satin, dan katun. Sutra dan satin terasa lembut di kulit, cocok untuk bahan mukena, gaun, atau kebaya. Sementara katun juga cocok untuk mukena dan busana karena dingin dan menyerap keringat.
Selain bisa diperoleh di Tasikmalaya, produk-produk bordir ini juga bisa ditemui di beberapa pusat perbelanjaan di kota-kota besar, misalnya di Pasar Tanah Abang Jakarta dan Pasar Baru Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: